Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Kurma, Oleh-Oleh Jamaah Haji dan Manfaatnya Bagi Kesehatan ‘Tubuh. Setiap jamaah haji yang pulang ke tanah air, pasti tidak lupa untuk membawa oleh-oleh untuk sanak famili, salah satunya yaitu kurma. Kurma ternyata memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.

Salah satu Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep dr H Slamet Riadi menjelaskan secara medis manfaat kurma, antara lain :

1.Detoksifikasi

Kurma bisa membantu proses detoksifikasi yakni mekanisme untuk membuang atau menetralkan racun di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kurma mengandung jenis gula yang sederhana, mudah diserap, mengandung elektrolit dan mineral penting untuk tubuh.

“Sehingga saat berbuka puasa dengan kurma dan dilanjutkan dengan minum air putih, beban pencernaan akan berkurang dan memudahkan proses detoksifikasi di dalam tubuh.” ujarnya Jum’at (14/7/2023)

2. Meningkatkan energi

Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan gula alami tersebut dapat memulihkan tubuh dan memberikan energi yang dibutuhkan.

“Oleh karena itu, buka puasa dengan kurma adalah cara yang tepat untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas dan berpuasa.” terangnya.

3. Memperbaiki fungsi otak

Dr Slamet mengatakan bahwa mengonsumsi kurma dapat memperbaiki fungsi otak. Ini karena kurma dapat menurunkan peradangan dan mencegah penumpukan plak pada otak.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Mengonsumsi kurma bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan termasuk mencegah terjadinya sembelit. Alasannya adalah kurma mengandung serat yang bisa melancarkan dan membersihkan usus dari racun serta zat berbahaya lainnya. Selain itu, kurma juga bisa menstimulasi perkembangan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan organisme pengganggu di usus.

Selain itu, kurma juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang karena kurma mengandung mineral yang baik untuk kesehatan tulang seperti selenium, mangan, magnesium, dan kalium. Kurma juga mengandung potasium yang bisa menjaga kesehatan jantung dengan membantu regulasi jantung tetap lancar dan menjaga tekanan darah stabil. Selain itu, kurma juga bisa mencegah anemia karena kurma mengandung zat besi yang bisa membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

 

Umroh mudah, murah, dan terpercaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aqiqah Sukorejo Kendal Terbaik

AQIQAH LEMBANG BANDUNG TERBAIK

Sabar dan Sholat